Mengenal Komputer


Bismillahirrohmaanirrohiim...

Assalamu'alaikum....
Hallo sobat blogger,, apa kabar?? tetep semangat nge go-blog ya :D ,, hehehe

Ok, kali ini aku ingin memosting tentang "Pengenalan Komputer". Seperti pepatah bilang," Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang maka Tak Cinta" ^_^

Baik,.. supaya kita bisa menyukai dan mencitai komputer, adakalanya kita harus mengenal APA ITU KOMPUTER ?? Ok langsung saja kita bahas ke TKP !!
Secara umum komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data, dan memberikan hasil dalam bentuk informasi  dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis. Selain itu, komputer juga merupakan alat informasi, komunikasi, dan hiburan. Komputer dibangun untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Komponen komputer terdiri dari tiga bagian yaitu :
· 

·         Hardware -> Perangkat keras.
·         Software -> Perangkat lunak (perangkat komputer yang bisa dilihat namun tidak bisa dipegang) yang berupa Sistem Operasi (seperti : windows, linux, unix,dll) serta program – program aplikasi.
·         Brainware -> Manusia yang mengoperasikan komputer.

Ketiga komponen ini sangat mendukung satu sama lain. Hardwere dan Software yang berfungsi dengan baik akan mendukung orang yang menggunakan komputer. Untuk menjalankan komputer tersebut, diperlukan juga brainware atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang cakap dan terampil supaya penggunaan komputer dapat maksimal. Hardware diinstal dengan Software dan digunakan/ dioperasikan oleh Brainware

 
 
Komputer terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, secara garis besar komputer terbagi menjadi dua tipe, yaitu :
·         PC atau Komputer Desktop : Komputer meja  (tetap atau tidak portable)
·         Laptop : Mobile atau Portable (mudah dibawa kemana – mana)
Mengenal PC (Personal Komputer)
C (Personal Computer) adalah komputer pribadi atau lebih mudah kita kenal dengan Komputer Desktop atau komputer meja (komputer yang berbentuk fisik besar yang biasa ditempatkan di sebuah meja). Sesuai dengan namanya, spesifikasi hardware standart PC terdiri dari sebuah CPU (Central Processing Unit) yang dilengkapi dengan monitor, keyboard, mouse dan speaker yang seharusnya dijual secara terpisah.



Jenis komputer ini memiliki keunggulan, diantaranya  :
·         mudah menambah atau mengganti komponen di dalamnya
·         Karena kemudahannya dalam mendapatkan dan mengganti komponen, jenis komputer ini lebih muda untuk diperbaiki.
Misalnya, jika PC tidak mengeluarkan suara, kamu dapat mengganti fungsi pheriperal sound on-board dengan sound card. Atau contoh yang lebih muda, kamu dapat memasang pheriperal tambahan misalnya TV Tuner untuk melihat siaran televisi.
Sedangkan kerugiannya adalah :
·         Dengan bentuk fisik yang besar, PC tidak dapat digunakan secara portable
·         Membutuhkan daya listrik yang lumayan besar sesuai dengan model PC dan membutuhkan banyak accessories misalnya speaker, monitor, printer dan lain sebagainya.

Mengenal Laptop
Dunia IT memang tidak ada matinya, semakin “ke sini” semakin canggih saja. Setelah puas menggunakan PC untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan, kini telah lahir satu bentuk kemasan baru dari komputer yang bernama Laptop.
Laptop atau sering disebut juga Notebook mmiliki bentuk yang lebih kecil, ringan (antara 800 g sampai 3,5 Kg) dan memiliki daya yang lebih rendah. Laptop merupakan sebuah bentuk komputer yang menekankan ke-portabilitas-annya (mudah dibawa kemana – mana).



Rata – rata pengguna laptop ialah pebisnis dan mahasiswa yang biasa berpindah – pindah ruangan. Misalkan dari ruang kerja ke ruang rapat, dari ruang kuliah ke perpustakaan, dan sebagainya.

Berikut ini adalah kelebihan menggunakan laptop :
·         Portable atau mudah dibawa kemana – mana
·         Membuat kita dapat beraktifitas di mana  saja
·         Lebih hemat energi listrik
·         Menjadi terlihat stylis, yang menjadi “life style” era modern.
Sedangkan kerugiannya adalah :
·         Resiko kerusakannya lebih tinggi jika tidak berhati – hati dalam menggunakannya
·         Komponennya sangat langkah dan harganya sangat mahal
·         Susah untuk diperbaiki atau diganti jika ada komponen hardware yang rusak di dalamnya (tidak semua orang bisa).

Comments